You are here

Fungsi Dari Manajemen SDM Dari Berbagai Perspektif

Jakarta

Di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi, salah satu komponen yang paling penting agar perusahaan bisa beroperasi dengan lancar dan tetap menjadi produktif adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalamnya. Tanpa adanya SDM yang bermutu dan juga rajin, bagaimana mungkin sebuah organisasi atau perusahaan bisa berjalan? Adanya hambatan di dalam komponen ini berpotensi membuat perusahaan kolaps. Inilah kenapa manajemen SDM sangatlah diperlukan, baik dalam bentuk aplikasi payroll untuk perusahaan maupun aplikasi akunting.

Cara dalam membina para manusia yang ada di dalam perusahaan ini sendiri ada banyak, dan setiap perusahaan biasanya mempunyai cara mereka sendiri. Ini semua berhubungan dengan kultur dari perusahaan tempat para SDM itu bernaung. Di perusahaan A misalnya, SDM diharapkan untuk bisa menjadi karyawan yang mandiri, kompetitif, kreatif, dan bisa bekerja tanpa pengawasan. Sementara itu, di perusahaan B, yang dibutuhkan adalah SDM yang patuh, yang bisa bekerja sama dalam grup, dan mampu bekerja dalam tekanan yang tinggi. Cara melatih SDM dari 2 tempat itu tentu tak bisa disamakan, bukan?

Terlepas dari ekspektasi perusahaan terhadap para SDM di dalamnya tersebut, ada banyak alasan kenapa melakukan manajemen SDM itu penting, dilihat dari beberapa perspektif. Ini dia alasannya:

• Ekonomi
Manusia adalah pusat dari aspek manajemen sumber daya manusia jika dilihat dari perspektifnya. Semakin berkualitas SDM yang ada di perusahaan tersebut, semakin meningkat pula produksinya, yang otomatis akan membuat profit meningkat.


• Hukum
Di dalam perusahaan, baik pekerja maupun perusahaan memiliki kewajiban dan hak mereka masing-masing. Keduanya harus saling berimbang agar tidak terjadi adanya gangguan di dalam kelanjutan perusahaan maupun organisasi tersebut.


• Politik
Manusia yang berkualitas adalah aset paling besar dari organisasi, dan juga aset bagi negara, bahkan internasional. Semua untuk membuat dunia yang lebih baik.




• Sosio-kultural
Ada 2 poin di manfaat di sini, yaitu aktualisasi diri dari SDM itu sendiri, yang membuatnya lebih puas secara fisik dan batin, dan sisi masyarakat, di mana SDM produktif mendapatkan penghargaan dan lebih berguna bagi masyarakat.




Administrasi
Secara administratif, SDM berkualitas akan membuat efisiensi dan efektivitas, serta produksi lebih baik.


Selain kelima macam kegunaan SDM dari perspektif tersebut, pentingnya kualitas SDM di zaman modern ini juga dipandang dari sisi teknologi, khususnya teknologi cloud accounting. Tenaga manusia di masa modern ini semakin digeser oleh para robot maupun sistem mekanisasi. Jadi SDM pun harus meningkatkan kompetensi mereka agar bisa tetap bisa bersaing dan tak tergantikan oleh modernisasi zaman.

Jadi seperti yang telah Anda lihat sendiri di atas, manajemen SDM dalam bentuk software online untuk perusahaan mempunyai fungsi yang sangat penting jika dilihat dari berbagai bidang kehidupan. Demi kelancaran operasional di dalam organisasi, demi meningkatkan produktivitas, dan demi harmonisasi di untuk manusianya sendiri, SDM harus meningkatkan kualitasnya. Itu bisa dicapai jika perusahaan dan SDM mencapai kesepakatan.

Original Link:
Tags: